Per bulan Juli 2022, telah dilakukan Pemutakhiran Data pada sistem belajar.id. Tujuannya adalah agar Akun belajar.id dan data yang ada di Dapodik seperti detail nama akun, data profil, dan lainnya akan terus tersinkronisasi secara otomatis. 

Apa yang terbaru dari proses Auto sync Akun belajar.id saya? 

  • Sinkronisasi data pada sistem belajar.id dengan data yang tersedia di Dapodik secara berkala.
  • Dengan adanya email notifikasi yang akan Anda terima setiap terdapat perubahan data, pendidik dan tenaga kependidikan menjadi lebih mengetahui apabila ada pembaruan yang harus segera dilakukan.

Bentuk notifikasi yang akan Anda terima telah disesuaikan dengan jenis Akun belajar.id Anda. Klik tautan berikut untuk melihat informasi selengkapnya.

  1. Akun Pendidik & Tenaga Kependidikan Menjadi Admin atau Sebaliknya dan berbeda Jenjang
  2. Akun Pendidikan & Tenaga Kependidikan Menjadi Admin atau Sebaliknya tanpa berpindah jenjang
  3. Akun Pendidik & Tenaga Kependidikan Berubah Karena Mutasi Sama Jenjang
  4. Akun Pendidik & Tenaga Kependidikan Berubah Karena Mutasi Berbeda Jenjang

Anda dapat melihat detail pada tabel di bawah ini, pengguna/peran mana saja yang terkena dampak dari proses Pemutakhiran Data (Auto Sync) Akun belajar.id

No

Pengguna/Peran

Kondisi

1

Pendidik & Tenaga Kependidikan (PTK)

Data sekolah di Dapodik tidak ada, misalnya: sekolah ditutup

2

Pendidik

Berpindah peran menjadi admin di sekolah yang sama.

Misal: diangkat menjadi kepala sekolah

3

Tenaga Kependidikan (Admin)

Berpindah peran menjadi Pendidik di sekolah yang sama

4

Pendidik & Tenaga Kependidikan (PTK)

Mutasi di jenjang yang sama atau jenjang yang berbeda

5

Pendidik & Tenaga Kependidikan (PTK)

Berhenti bekerja (pensiun, mengundurkan diri,

pemecatan, atau meninggal dunia)

6

Peserta Didik

Pindah jenjang, misalnya: SD ke SMP, SMP ke SMA, SMP ke SMK

 

Apabila Anda terdampak dari proses pemutakhiran data (Auto sync) ini, Anda dapat melakukan pengecekan email secara berkala dan dapat mengikuti langkah-langkah yang tertera pada email tersebut.

Simak Juga video berikut untuk mempermudah pemahaman Anda terkait proses pemutakhiran data (Auto sync) Akun belajar.id Anda. 

 

 

Tanya-Jawab

Bagaimana saya tahu bahwa Akun belajar.id saya terkena dampak Pemutakhiran Data?

Anda dapat melihat detail pada tabel kondisi pengguna/peran mana saja yang terdampak pemutakhiran data, setelah itu Anda dapat melakukan pengecekan email Akun belajar.id Anda secara berkala

Apakah proses Auto sync ini mempengaruhi saya dalam mengakses platform Rapor Pendidikan?

Apabila Anda seorang kepala, operator atau pendidik di satuan pendidikan yang mengalami perubahan peran/mutasi kemungkinan besar Anda tidak dapat mengakses platform Rapor Pendidikan. Namun, Anda dapat menghubungi tim pusat bantuan kami dengan mengisi formulir berikut untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut.

Saya tidak berpindah role maupun pindah jenjang, namun mendapatkan notifikasi akun akan dihapus. Apa yang harus saya lakukan?

Pastikan bahwa Anda merasa masih terdaftar di Dapodik, silakan memastikan kembali data Anda di Dapodik apakah masih tersedia dan sesuai. Setelah itu, lakukan pemeriksaan akun di laman https://belajar.id/ menggunakan NPSN dan data Anda yang terbaru. Namun, apabila Anda masih butuh bantuan tim pusat bantuan, silakan klik tombol ‘Butuh Bantuan’ pada halaman berikut

Sebelumnya
Selanjutnya
16588058462745

Komentar

8 comments

  • Sayu Ratna Yani

    Terima kasih informasi dan penjelasannya, sangat bermanfaat dan membantu kami.

    1
  • kuni

    Dear Bapak/Ibu Sekalian

    Terima kasih atas feedback positif yang diberikan. Guna meningkatkan kualitas artikel yang kami sajikan, mohon bantuannya untuk memberikan vote Sangat Membantu atau Tidak Membantu dengan klik tombol yang ada di bagian bawah artikel ini.

    Salam Hangat,
    Tim Pusat Bantuan Rapor Pendidikan

    1
  • Bahrudin

    Terimakasih atas Informasinya dan Pemaparan hasil PBD dengan beberapa sheet Prioritas dan rekomendasi dalam menentukan kebijakan di sekolah .

    0
  • Farida Ariani, S.Pd

    Terimakasih atas informasi yang sangat jelas 

    0
  • Surajuddin

    Saya sudah melakukan mutasi ke sekolah lain, tapi setiap kali membuka rapor pendidikan, yang terbuka adalah rapor sekolah lama, mohon solusinya?

    0
  • kuni

    Dear Bapak/Ibu Surajuddin

    Terkait kendala Anda mengenai kendala masih termapping ke sekolah lama sudah kami eskalasi ke tim terkait dengan nomor ticket #2284375. 
    mohon untuk melakukan pengecekan secara berkala di email Anda pada subjek pesan dan nomor tiket yang sama.
    Kami akan mencoba menyelesaikan tiket Anda dalam kurun waktu 7 - 14  hari kerja

    Salam Hangat,
    Tim Pusat Bantuan Rapor Pendidikan

    0
  • Roesmono Roesmono

    Membantu Tertib administrasi dan data sekolah

    0
  • LOPY HULU, S.Pd.

    Sangat Membantu🙏🙏.

    0

Please sign in to leave a comment.