Berikut Pembaruan yang telat dilakukan pada Rapor Pendidikan di tahun 2024 untuk Pemerintah Daerah agar mempermudah Anda dalam melakukan eksplorasi dan Perencanaan Berbasis Data:

Pembaruan pada Maret 2025
Waktu Pembaruan Kategori Pembaruan Detail Pembaruan Status
Maret 2025 Platform & Unduhan

Terdapat Indikator Masalah Prioritas Baru yaitu:

Pemenuhan Gizi Peserta didik 

Pada Indikator Prioritas:

B.11 Angka Partisipasi Sekolah (APS) 16-18

B.14 Angka Partisipasi Sekolah (APS) 4 - 18 Penyandang Disabilitas

A.1 Kemampuan Literasi

A.2 Kemampuan Numerasi

Sudah diperbarui
Maret 2025 Platform & Unduhan

Terdapat Indikator Masalah Prioritas Baru yaitu:

Karakter peserta didik

Pada Indikator Prioritas:

D.8 Iklim Kebinekaan

D.4 Iklim keamanan satuan pendidikan

D.10 Iklim Inklusivitas

Sudah diperbarui
Maret 2025 Platform & Unduhan

Terdapat Akar Masalah baru yaitu:

  1. Pemenuhan pendidik dan tenaga kependidikan di satuan pendidikan
  2. Penugasan guru sebagai kepala sekolah/pendamping satuan pendidikan yang memenuhi persyaratan
  3. Pemenuhan Gizi Peserta Didik

Pada Indikator Prioritas:

A.1 Kemampuan Literasi dan A.2 Kemampuan Numerasi

Sudah diperbarui
Maret 2025 Platform & Unduhan

Terdapat Akar Masalah baru yaitu:

  1. Pemahaman dan sistem pelayanan pendampingan terkait keamanan untuk mencegah perundungan, kekerasan seksual, dan hukuman fisik

Pada Indikator Prioritas:

D.4 Iklim Keamanan

Sudah diperbarui
Maret 2025 Platform & Unduhan

Terdapat Akar Masalah baru yaitu:

  1. Pemahaman dan sistem pelayanan pendampingan terkait kebinekaan untuk mencegah diskriminasi terhadap ekonomi, gender, fisik, agama, suku, dan budaya

Pada Indikator Prioritas:

D.4 Iklim Kebinekaan

Sudah diperbarui
Maret 2025 Platform & Unduhan

Terdapat Akar Masalah baru yaitu:

  1. Pemahaman dan sistem pelayanan pendampingan terkait inklusivitas untuk meningkatkan layanan pendidikan inklusif terutama terhadap siswa disabilitas, siswa cerdas dan berbakat istimewa

Pada Indikator Prioritas:

D.4 Iklim Inklusivita

Sudah diperbarui
Maret 2025 Platform & Unduhan

Terdapat Akar Masalah baru yaitu: 

  1. Pemenuhan pendidik dan tenaga kependidikan di satuan pendidikan
  2. Penugasan guru sebagai kepala sekolah/pendamping satuan pendidikan yang memenuhi persyaratan
  3. Pemahaman dan sistem pelayanan pendampingan terkait keamanan untuk mencegah perundungan, kekerasan seksual, dan hukuman fisik
  4. Pemahaman dan sistem pelayanan pendampingan terkait kebinekaan untuk mencegah diskriminasi terhadap ekonomi, gender, fisik, agama, suku, dan budaya
  5. Pemahaman dan sistem pelayanan pendampingan terkait inklusivitas untuk meningkatkan layanan pendidikan inklusif terutama terhadap siswa disabilitas, siswa cerdas dan berbakat istimewa

Pada Indikator Prioritas:

B.15 Angka Partisipasi Sekolah (APS) 7 - 18 Kesetaraan

Sudah diperbarui
Maret 2025 Platform & Unduhan

Terdapat Akar Masalah baru yaitu: 

Pemenuhan gizi peserta didik

Pada Indikator Prioritas:

  1. B.11 Angka Partisipasi Sekolah (APS) 16-18
  2. B.14 Angka Partisipasi Sekolah (APS) 4-18 Penyandang Disabilitas
  3. B.10 Angka Partisipasi Sekolah (5-6)
  4. B.13 Angka Partisipasi Sekolah (APS) 7 - 15
  5. B.15 Angka Partisipasi Sekolah (APS) 7 - 18 Kesetaraan
Sudah diperbarui
Maret 2025 Platform & Unduhan

Terdapat Akar Masalah baru pada:

Karakter peserta didik

Pada Indikator Prioritas:

  1. D.4 Iklim Keamanan
  2. D.8 Iklim Kebinekaan
  3. D.10 Iklim Inklusivitas
Sudah diperbarui
Maret 2025 Platform & Unduhan

Terdapat Akar Masalah baru yaitu:

  1. Karakter peserta didik
  2. Pemenuhan gizi peserta didik

Pada Indikator Prioritas:

Peningkatan Proporsi Jumlah Satuan PAUD yang Mendapatkan Minimal Akreditasi B

Sudah diperbarui
Pembaruan pada Februari 2024
Waktu Pembaruan Kategori Pembaruan Detail Pembaruan Status
Feb 2024 Platform Penambahan 2 indikator khusus SMK untuk wilayah Papua pada detail per-jenjang Sudah diperbarui
Feb 2024 Platform

Penambahan keterangan capaian di halaman tabel per-jenjang pada daerah kewenangan Provinsi.

arahkan kursor pada label capaian capaian warna untuk melihat detilnya 

Sudah diperbarui
Feb 2024 Platform

Penambahan daftar kegiatan benahi.

Namun, akan dapat diakses setelah pengembangan selesai. Saat ini Anda dapat melihat referensi kegiatan melalui Surat Mendikbudristek tahun 2024

Sudah diperbarui
Feb 2024 Platform

Penambahan Surat Mendikbudristek pada halaman Unduh Untuk membantu Anda melakukan proses Identifikasi, Refleksi dan Benahi

Sudah diperbarui
Feb 2024 Platform

Penambahan tombol menu Pusat Bantuan yang akan mengarahkan ke Pusat Informasi Rapor Pendidikan. Anda dapat menemukan beragam infromasi sesuai kebutuhan

Sudah diperbarui
Feb 2024 Unduhan

Penambahan filter baru pada Rapor Pendidikan Daerah kewenangan Kabupaten/Kota untuk jenjang PAUD dengan status Satuan yang lebih detil

Sudah diperbarui
Feb 2024 Unduhan

Perubahan pada tab capaian Dasmen & Vokasi yaitu skor Perubahan dari Tahun Lalu (delta) yang  beruba persentase menjadi angka (nilai)

Sudah diperbarui
Feb 2024 Unduhan

Penambahan tab baru yaitu, Capian KabKot -PAUD yang bisa di temukan pada unduhan.

Dilakukan pemisahan karena indikator prioritas satuan PAUD berbeda dengan Dasmen & Vokasi

Sudah diperbarui
Pembaruan pada April 2024
Waktu Pembaruan Kategori Pembaruan Detail Pembaruan Status
April 2024 Platform

Penambahan filter jenis pendidikan Satuan PAUD pada halaman detail perjanjang

Sudah diperbarui
April 2024 Platform & Unduhan

Penambahan Contoh Inspirasi Benahi beserta Nomenklatur yang dapat digunakan Pemerintah daerah sebagai referensi kegiatan

Sudah diperbarui
April 2024 Platform & Unduhan

Penambahan kode sub-kegiatan khusus tingkat Provinsi dan Kab./Kota untuk Rapor Pendidikan Daerah Papua

Sudah diperbarui
April 2024 Unduhan

Penambahan indikator prioritas baru untuk jenjang Dasar dan Menengah pada tab akar masalah, 

D.1 Kualitas Pembelajaran

C.9 Proporsi Guru Penggerak yang diangkat menjadi KS/PS

Sudah diperbarui
April 2024 Platform & Unduhan

Penambahan indikator prioritas baru untuk jenjang Satuan PAUD

D.2 Proses Belajar yang sesuai bagi Anak Usia Dini

D.3 Pembelajaran yang membangun kemampuan fondasi

E.2 Iklim keamanan Satuan Pendidikan

E.3 Iklim Inklusivitas dan kebinekaan

E.6 Kemitraan dengan Orang Tua/Wali

E.7 Penyedaian layanan holistik integratif

Sudah diperbarui
April 2024 Platform & Unduhan

Perubahan nama indikator jenjang satuan PAUD 

D.2 Proses Belajar yang Sesuai Bagi Anak Usia Dini

E.2 Iklim Keamanan Satuan Pendidikan

E.3 Iklim Inklusivitas dan Kebinekaan

E.4 Refleksi dan perbaikan pembelajaran oleh pendidik

E.7 Penyediaan layan holistik integratif

Sudah diperbarui
April 2024 Platform & Unduhan

Penambahan data indikator Sumber Daya Sekolah khusus untuk jenjang Dasar dan Menengah

Sudah diperbarui
April 2024 Platform & Unduhan

Penyesuaian untuk penomoran sub indikator dan indikator E.2 Iklim keamanan Satuan Pendidikan jenjang PAUD

Sudah diperbarui
April 2024 Platform & Unduhan

Penambahan tab baru tentang capaian dan penyesuaian tampilan data satuan PAUD pada unduhan Rapor Pendidikan Daerah tingkat Provinsi

Tab CAPAIAN KABKOT-PAUD

Tab CAPAIAN SATDIK-PAUD

Sudah diperbarui
Pembaruan pada Mei 2024
Waktu Pembaruan Kategori Pembaruan Detail Pembaruan Status
Mei 2024 Platform

Penambahan Indikator baru yang akan muncul untuk jenjang Dasar dan Menengah yaitu indikator:

D1 Kualitas Pembelajaran


C9 Proporsi Guru Penggerak yang diangkat menjadi KS/PS

 
Mei 2024 Platform

Penambahan indikator prioritas untuk jenjang Satuan PAUD pada platform Rapor Pendidikan 

 
Mei 2024 Platform

Penyesuaian urutan tabel per jenjang berdasarkan nomor indikator prioritas nya

 
Mei 2024 Platform & Unduhan

Penambahan definisi operasional pada setiap indikator prioritas 

 
Pembaruan pada Juni 2024
Waktu Pembaruan Kategori Pembaruan Detail Pembaruan Status
Juni 2024 Unduhan

Pembaruan indikator B.16 Indeks Pencapaian SPM yang tampil pada halaman 1 Ringkasan Capaian Jenjang

Sudah diperbarui
Juni 2024 Unduhan & Platform

Menghilangkan Delta atau perbandingan pada indikator D.17  dan indikator turunannya karena instrumen penilaian yang berbeda sehingga tidak bisa dibandingkan.

Berikut adalah detail indikator yang dimaksud: 

  • D.17 Link and match dengan dunia kerja
  • D.17.1 Kualitas pembelajaran selaras dengan dunia kerja
  • D.17.2 Kualitas pembelajaran dalam Teaching Factory (TeFa)
  • D.17.3 Penggunaan sarana prasarana pembelajaran selaras dengan dunia kerja
  • D.17.4 Keahlian guru dan tenaga kependidikan SMK selaras dengan dunia kerja
  • D.17.5 Kepemimpinan kepala SMK dalam mengelola SMK sebagai pembelajaran yang selaras dengan dunia kerja
  • D.17.6 Pengelolaan Bursa Kerja Khusus dalam meningkatkan kebekerjaan lulusan SMK
  • D.17.7 Komite sekolah terlibat mengembangkan kerja sama dunia kerja
  • D.17.8 Praktisi dunia kerja yang mengajar di SMK
  • D.17.9 Guru SMK melakukan magang di dunia kerja

Sudah diperbarui

 

Pembaruan pada Oktober 2024
Waktu Pembaruan Kategori Pembaruan Detail Pembaruan Status
Oktober 2024 Platform & Unduhan

Perubahan nomenklatur dan deskripsi untuk “Sekolah Keagamaan” menjadi “Sekolah Kemenag”

Platform:

Unduhan:

Sudah diperbarui
Sebelumnya
Selanjutnya
28836444345753

Komentar

2 comments

  • Nunun Nurhayati

    mempermudah saya dalam melakukan eksplorasi dan Perencanaan Berbasis Data:

    0
  • Muhammad Yusuf

    bermanpaat sekali dgn pengunaan  perangkat aplikasi yg ada 

    0

Please sign in to leave a comment.