Akun belajar.id yang terdiri dari nama akun (User ID)dan kata sandi (password) dibuat untuk mendukung aktivitas pembelajaran bagi penggunanya. Karena itu, nama akun (User ID) Anda tidak dapat diganti karena sudah dirancang sesuai dengan ketentuan yang berlaku. 

 

Lalu bagaimana dengan password? Untuk kata sandi (password), Anda dapat melakukan pergantian dengan dua kondisi berikut:

  1. Sesaat setelah aktivasi
  2. Setelah Anda menjadi pengguna aktif atau apabila Anda lupa kata sandi (password).

Apabila Anda lupa kata sandi (password), selain melalui Admin Sekolah, sekarang Anda juga dapat melakukan reset (pengaturan ulang) kata sandi Akun belajar.id secara mandiri di situs belajar.id. Anda dapat mengikuti langkah-langkahnya berikut:


1. Buka laman https://belajar.id kemudian klik tombol ‘Reset Password’.

Screenshot_662.png

 

2. Masukkan data yang dibutuhkan dengan sesuai yaitu:

  • Nama akun (user id) Akun belajar.id Anda
  • Tanggal lahir

Screenshot_664.png

 

3. Setelah mengisi data, klik tombol ‘Cari Akun belajar.id’.

4. Kotak dialog untuk reset kata sandi akan muncul dan menampilkan email pribadi dan nomor handphone yang terdaftar pada email Akun belajar.id berdasarkan data yang Anda masukkan pada Dapodik sebelumnya.

Catatan: Data Akun belajar.id Anda tersinkronisasi dengan dengan data di Dapodik. Jika ada perbedaan atau kesalahan data, harap untuk melakukan perbaikan data terlebih dahulu di Dapodik agar dapat melakukan proses reset kata sandi sesuai dengan panduan ini.

 

Screenshot_645.png

 

5. Cek kembali data tersebut dan pilih metode yang diinginkan untuk mendapatkan informasi pengaturan ulang kata sandi Anda:

Klik tombol ‘Kirim Kode ke Email Pribadi’ untuk pengiriman tautan reset kata sandi ke email pribadi (bukan email belajar.id). Klik tombol tautan yang tertera pada email untuk melakukan reset kata sandi. Screenshot_657.png
Klik tombol ‘Kirim Kode ke Nomor Handphone’ untuk mengirimkan kode reset kata sandi melalui SMS ke nomor handphone yang terdaftar. Harap pastikan nomor handphone dalam kondisi aktif, memiliki pulsa, dan bisa menerima pesan SMS. Jika sudah menerima OTP, masukkan kode pada kolom ‘Kode OTP’.
Screenshot_658.png

 

6. Ketik kata sandi baru Anda di kedua kolom yang tersedia kemudian klik tombol ‘Ganti Password’.

Screenshot_660.png

 

7. Kotak dialog akan muncul jika reset kata sandi berhasil.

Screenshot_661.png

 

Apa yang harus dilakukan jika saya tidak menerima tautan atau kode?

A. Jika Anda memilih untuk mengirimkan kode melalui email pribadi, pastikan:

  1. Email pribadi yang tertera sudah sesuai dengan email pribadi yang terdaftar di Dapodik dan tidak ada kesalahan pengetikan.
  2. Email pribadi dalam kondisi aktif dan sering digunakan.
  3. Cek seluruh folder email selaininbox, termasukspamdanjunk.
  4. Apabila belum menerima tautan melalui email pribadi, silakan mencoba metode pengiriman kode lainnya, yaitu melalui nomor handphone.

B. Apabila Anda memilih untuk mengirimkan kode melalui nomor handphone, pastikan:

  1. Nomor handphone yang tertera sudah benar dan sesuai dengan nomor handphone yang terdaftar di Dapodik.
  2. Nomor handphone dalam kondisi aktif dan memiliki pulsa untuk menerima SMS.
  3. Kondisi sinyal penyedia layanan dalam kondisi tersambung dengan baik.
  4. Apabila belum menerima kode OTP, silakan mencoba metode pengiriman lainnya, yaitu melalui email pribadi.

Penting! Mohon untuk menyimpan informasi detail akun Anda dengan baik dan pilih tempat serta kata sandi yang tidak mudah diakses orang lain. Selain itu, pertimbangkan juga untuk menggunakan layanan pengelola sandi terpercaya, jika Anda kesulitan mengingat sandi.

 

Tanya-Jawab

Siapa yang dapat saya hubungi apabila saya masih kesulitan untuk melakukan reset password Akun belajar.id saya?

Anda dapat mengisi formulir berikut agar terhubung ke pusat bantuan kami untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut

Sebelumnya
Selanjutnya
6562697413401

Komentar

8 comments

  • Nana Supriyatna

    Lupa password akun belajar.id

    1
  • Sertinasamosir09

    lupa sandi

    0
  • LULUNG

    akun belajar.id kepala sekolah sudah berhasil di reset,

    begitu masuk selalu gagal

    taufiqurrohman18@admin.smk.belajar.id

    NPSN 70009539

    0
  • kuni

    Dear Bapak/Ibu LULUNG

    Terkait kendala Anda mengenai sudah reset password tetapi tetap gagal sudah kami eskalasi ke tim terkait dengan nomor ticket #1224532. 
    mohon untuk melakukan pengecekan secara berkala di email Anda pada subjek pesan dan nomor tiket yang sama.
    Kami akan mencoba menyelesaikan tiket Anda dalam kurun waktu 7 - 14  hari kerja

    Salam Hangat,
    Tim Pusat Bantuan Rapor Pendidikan

    0
  • Sayu Ratna Yani

    Terima kasih penjelasannya.

    0
  • Joko yuwono

    Terima kasih atas penjelasannya

    0
  • kuni

    Dear Bapak/Ibu Sekalian

    Terima kasih atas feedback positif yang diberikan. Guna meningkatkan kualitas artikel yang kami sajikan, mohon bantuannya untuk memberikan vote Sangat Membantu atau Tidak Membantu dengan klik tombol yang ada di bagian bawah artikel ini.

    Salam Hangat,
    Tim Pusat Bantuan Rapor Pendidikan

    0
  • Lusia Berti Rameria br. Purba

    cukup informatif. Terima kasih

    0

Please sign in to leave a comment.