Akun belajar.id yang terdiri dari nama akun (User ID) dan kata sandi (password) dapat digunakan dan dimanfaatkan oleh Dinas Pendidikan untuk mengakses Rapor Pendidikan. Berikut adalah panduan pengajuan Akun belajar.id untuk Dinas Pendidikan:

  1. Anda akan mendapatkan Surat Edaran beserta kode referral untuk pembuatan akun Dinas
  2. Masuk ke laman https://belajar.id
  3. Pada halaman utama, temukan tombol ‘Ajukan Pembuatan Akun’ pada bagian Khusus Dinas

10.jpg

 

     4. Masukkan identitas diri Anda:

  • Nama Lengkap
  • Nomor Induk Kependudukan (NIK)
  • Email Pribadi Aktif
  • Nomor Handphone Pribadi Aktif
  • Tanggal Lahir

Lalu, klik tombol ‘Selanjutnya’

pengajuan_akun_dinas.jpg

 

  1. Masukkan data Dinas Anda:
  • Provinsi
  • Kabupaten & Kota
  • Tipe Dinas Daerah
  • Jabatan

pengajuan_akun_dinas_2.jpg

6. Masukkan kode referral yang terlampir pada Surat Edaran yang Anda dapatkan sebelumnya lalu  Unggah Surat Keputusan atau Penugasan atau Penunjukkan sebagai Dinas atau Kepala Dinas (format: PDF, ukuran maksimal 10 MB).

 

pengajuan_akun_dinas_3.jpg

 

7. Jika kode referral telah diterima oleh sistem, periksa kembali data yang telah Anda masukkan. Jika sudah benar dan sesuai, Anda dapat memilih tombol ‘Ajukan Pembuatan Akun’.

 

pengajuan_akun_dinas_4.jpg

  1.  Apabila pengajuan Akun Dinas Anda telah disetujui maka email Akun belajar.id dan kata sandi akan dikirimkan ke email pribadi Anda. Pastikan untuk memeriksa email Anda secara berkala.

pengajuan_akun_dinas_5.jpg

9. Jika mengalami kendala saat pengajuan akun, Anda dapat menghubungi pusat bantuan belajar.id melalui tombol 'Butuh Bantuan' pada halaman berikut.

 

 

Setelah berhasil mendapatkan detail Akun Belajar.id Anda, silakan melakukan aktivasi dengan mengikuti panduannya di sini.

 

Tanya-Jawab

Apa yang harus dilakukan ketika saya menerima keterangan “Maaf, kode referral yang Anda masukkan tidak sesuai”, ketika mengajukan akun dinas saya?

Anda dapat menghubungi helpdesk melalui tombol “Butuh Bantuan” yang terdapat di kanan bawah layar pada laman belajar.id Anda.

Apa yang harus saya lakukan jika mendapatkan notifikasi bahwa kode referral saya tidak sesuai atau sudah mencapai batas waktu aktif?

Anda dapat menghubungi helpdesk melalui tombol “Butuh Bantuan” yang terdapat di kanan bawah layar pada laman belajar.id Anda.

Sebelumnya
Selanjutnya
9234797335449

Komentar

2 comments

  • Sayu Ratna Yani

    Terima kasih informasinya, penjelasannya sangat membantu.

    0
  • kuni

    Dear Bapak/Ibu Sekalian

    Terima kasih atas feedback positif yang diberikan. Guna meningkatkan kualitas artikel yang kami sajikan, mohon bantuannya untuk memberikan vote Sangat Membantu atau Tidak Membantu dengan klik tombol yang ada di bagian bawah artikel ini.

    Salam Hangat,
    Tim Pusat Bantuan Rapor Pendidikan

    0

Please sign in to leave a comment.