Sama seperti Rapor Pendidikan untuk satuan pendidikan, untuk mengakses dan melakukan eksplorasi Rapor Pendidikan daerah ini pengguna perlu login menggunakan Akun belajar.id dengan alamat email berakhiran @dinas.belajar.id. Selain itu, pengguna juga perlu memastikan bahwa Akun belajar.id yang digunakan sudah terdaftar dan terverifikasi untuk mengakses Rapor Pendidikan Daerahnya
Perbedaan yang mencolok pada Rapor Pendidikan daerah ini, adalah adanya fitur Switcher yang memungkinkan pengguna dapat mengubah daerah yang ingin Anda lihat datanya di halaman utama Rapor Pendidikan daerah.
Fitur Switcher hanya akan muncul jika akun Anda memiliki akses untuk melihat lebih dari satu daerah (multi aksen untuk Akun milik provinsi/UPT. Jika akun Anda terbatas hanya untuk satu daerah (Kab/Kota) maka fitur switcher tidak akan muncul.
Berikut adalah tampilan fitur switcher pada pengguna multi akses
Eksplorasi deskripsi Ringkas
Sama seperti Rapor Pendidikan satdik, Pada Rapor Pendidikan daerah pengguna juga mendapatkan deskripsi ringkas capaian serta Indeks SPM daerah nya
Hasil deskripsi ringkas adalah fitur pertama yang akan dilihat oleh pengguna pada halaman Ringkasan. Informasi yang ditampilkan pada deskripsi ringkas terdiri dari empat kategori, yakni:
1. Indeks SPM (Standar Pelayanan Minimal) → Indeks Pencapaian SPM meliputi 2 aspek yaitu Pencapaian Mutu Layanan Dasar dan Pencapaian Penerima Layanan Dasar seperti tertera dalam Permendagri no. 59 tahun 2021
2. Peningkatan Tertinggi → Indikator Prioritas dari daerah tersebut dengan peningkatan tertinggi dibandingkan tahun lalu
3. Capaian terbaik -> Indikator Prioritas dengan nilai capaian paling tinggi
4. Capaian Terendah → Indikator Prioritas yang mempunyai nilai paling rendah dan diprioritaskan untuk diperbaiki
5. Pengguna juga dapat menemukan contoh cara pembenahan/perbaikan untuk capaian terendah yang muncul di ringkasan. Untuk Rapor Pendidikan daerah, tahapan benahi diambil dari Nomenklatur sub-kegiatan Perencanaan Pembangunan dan Keuangan Daerah
Identifikasi masalah
Setelah melihat hasil deskripsi ringkas, Anda dapat melanjutkan dengan melakukan eksplorasi dan identifikasi masalah sebagai berikut:
1. Memilih capaian seluruh indikator Prioritas detail per-jenjang, per-status pendidikan atau Anda dapat langsung ke Tabel-Jenjang Khusus sesuai kewenangan
2. Menggunakan filter yang tersedia untuk dapat memilih jenjang, jenis, dan status sekolah yang dituju
3. Setelah itu dapat dilanjutkan dengan membaca kartu indikator prioritas untuk memudahkan Anda dalam mengidentifikasi masalah yang terjadi di daerah Anda. Hasil capaian indikator yang ada di kartu indikator prioritas mempunyai 3 (tiga) spektrum warna yang mencerminkan kondisi daerah Anda, yakni Hijau (baik), Kuning (sedang) dan Merah (kurang). Selain itu terdapat juga Nilai delta untuk melihat perubahan dari tahun lalu hingga sebelumnya
Pelajari Akar Masalah berdasarkan indikator Prioritas terpilih
- Pengguna mendapatkan nilai dari jenjang kewenangan, namun pengguna juga dapat melihat berdasarkan statusnya
- Urutan akar masalah berdasarkan prioritas pusat dengan mempertimbangkan kebijakan, pendapat para ahli, maupun literatur-literatur yang ada. Jika data tidak tersedia, terdapat dua kemungkinan yaitu: Data perlu diolah secara mandiri atau Data perlu dikumpulkan secara mandiri
- Anda dapat mempelajari hasil dari akar masalah dengan lebih komprehensif dengan klik label capaian tersebut
- Setelah memilih akar masalah, Anda dapat melihat inspirasi untuk melakukan pembenahan dari akar masalah tersebut, dengan cara melihat contoh pembenahan pada kartu akar masalah. Kemudian, melihat daftar contoh cara membenahi, sebagian atau seluruh contoh kegiatan benahi yang tersedia. Pemerintah daerah juga dapat melakukan pembenahan di luar kegiatan yang tersedia, dengan mempertimbangkan ketersediaan sumber daya dan anggaran daerahnya masing-masing
Untuk mengetahui lebih lengkap cara melakukan eksplorasi Platform Rapor Pendidikan Daerah, Anda dapat melihatnya di Buku Panduan melalui tautan berikut
Komentar
0 komentar
Harap masuk untuk memberikan komentar.