Surat Mendikdasmen tentang daftar dan capaian indikator SPM Pendidikan Provinsi maupun Kabupaten/Kota yang sudah diterima oleh Pemerintah Daerah, dapat Anda gunakan untuk melakukan Perencanaan Berbasis Data berdasarkan kewenangan.

Lampiran Surat Mendikdasmen dapat di unduh pada bagian bawah

 

  1. Buka Link pada surat yang sudah Anda Terima, kemudian pilih menu sesuai kewenangan 


  1. Untuk melihat hasil capaian jenjang satuan pendidikan pada daerah wewenang Anda seperti SMA, SMK, SLB, Anda dapat memilih menu “Indikator Kinerja Urusan Bidang pendidikan di Provinsi’ kemudian pilih sesuai Provinsi 

  1. Selanjutnya, Anda dapat mengidentifikasi nama Daerah, indikator prioritas  dan jenjang sekolah  yang paling membutuhkan intervensi dengan melihat hasil capaian SPM di tahun tersebut. Sebagai Contoh: Provinsi Merdeka pada Kompetensi Numerasi tingkat SMA dengan capaian 59.65

  1. Jika telah mengidentifikasi indikator prioritas, daerah dan jenjang yang memerlukan intervensi, Anda perlu melakukan refleksi atas akar masalah yang terjadi. 

Buka lampiran 2a. Pemetaan Daftar Minimal Prioritas - Provinsi. Gunakan tab “Provinsi Wilayah Papua” untuk wilayah Papua.  Pada lampiran tersebut telah tersedia “Akar Masalah” dari indikator prioritas dimana data tersebut telah dihimpun dari Rapor Pendidikan dan luar Rapor Pendidikan. Anda perlu merefleksikan akar masalah yang sesuai dengan kondisi daerah Anda. 

  1. Setelah melakukan refleksi,selanjutnya Anda perlu melakukan pembenahan atas akar masalah yang terjadi di daerah Anda. Pada tahap ini dapat dilakukan dengan menentukan “Sub Kegiatan” beserta dengan “Definisi Operasional”nya yang sesuai. Tahap ini menjadi intervensi konkret dalam upaya menyelesaikan permasalahan daerah Anda.

  1. Untuk memilih detail satuan pendidikan, silahkan melihat pada hasil unduhan Rapor Pendidikan Daerah terbaru pada tab ‘Laporan Rapor’
  1. Buka Link pada surat yang sudah Anda Terima, kemudian pilih menu sesuai kewenangan 

 


  1. Untuk melihat capaian detail jenjang satuan pendidikan Anda seperti PAUD, SD dan SMP di Kabupaten atau Kota pada daerah wewenang dapat memilih menu kedua “Indikator Kinerja Urusan Bidang Pendidikan di Kabupaten/Kota”, kemudian klik ‘Detail Kab/Kota’ 

  1. Selanjutnya, Anda dapat mengidentifikasi nama Daerah, indikator prioritas  dan jenjang sekolah  yang paling membutuhkan intervensi dengan melihat hasil capaian SPM di tahun tersebut. Sebagai Contoh: Kabupaten Merdeka pada Kompetensi Numerasi tingkat SMP capaiannya 55.72

  1. Jika telah mengidentifikasi indikator prioritas, daerah dan jenjang yang memerlukan intervensi, Anda perlu melakukan refleksi atas akar masalah yang terjadi.

Buka lampiran 2a. Pemetaan Daftar Minimal Prioritas - KABKOTA PEMDA. Untuk wilayah Papua menggunakan tab “KABKOTA PEMDA” dan “Tambahan untuk KABKOTA WIL. Papua”

Pada lampiran tersebut telah tersedia “Akar Masalah” dari indikator prioritas dimana data tersebut telah dihimpun dari Rapor Pendidikan dan luar Rapor Pendidikan. Anda perlu merefleksikan akar masalah yang sesuai dengan kondisi daerah Anda.

  1. Setelah melakukan refleksi,selanjutnya Anda perlu melakukan pembenahan atas akar masalah yang terjadi di daerah Anda. Pada tahap ini dapat dilakukan dengan menentukan “Sub Kegiatan” beserta dengan “Definisi Operasional”nya yang sesuai. Tahap ini menjadi intervensi konkret dalam upaya menyelesaikan permasalahan daerah Anda

  1. Untuk memilih detail satuan pendidikan, silahkan melihat pada hasil unduhan Rapor Pendidikan Daerah terbaru pada tab ‘Laporan Rapor’

 

Diharapkan dengan mengikuti seluruh tahapan tersebut maka daerah dapat melakukan proses Identifikasi, Refleksi, dan Benahi dengan lebih tepat agar upaya meningkatkan pelayanan pendidikan yang berkualitas dapat terwujud.

Sebelumnya
Selanjutnya
28667420473497

Komentar

0 komentar

Harap masuk untuk memberikan komentar.