Secara garis besar, Asesmen Nasional tidak menggantikan peran Ujian Nasional dalam mengevaluasi prestasi atau hasil belajar peserta didik secara individual, karena Asesmen Nasional diberikan kepada murid bukan di akhir jenjang satuan pendidikan seperti Ujian Nasional.

Asesmen Nasional tidak digunakan untuk menilai peserta didik yang mengikuti asesmen. Hal ini karena hasil Asesmen Nasional tidak memuat skor atau nilai peserta didik secara individual. Penilaian untuk kelulusan peserta didik merupakan kewenangan pendidik dan satuan pendidikan.

Asesmen Nasional juga menghasilkan potret yang lebih utuh tentang kualitas hasil belajar serta proses pembelajaran di satuan pendidikan. Laporan hasil Asesmen Nasional dirancang untuk menjadi “cermin” atau umpan balik yang berguna bagi satuan pendidikan dan Dinas Pendidikan dalam proses evaluasi diri dan perencanaan program pendidikan.

 

Tanya-Jawab

Apa tindak lanjut dari satuan pendidikan dengan hasil Asesmen Nasional?

Satuan pendidikan diharapkan mampu merefleksi hasil Asesmen Nasional dalam perencanaan pembelajaran, sehingga para tenaga pendidik dapat fokus membangun kompetensi serta karakter peserta didik dan melaksanakan program-program satuan pendidikan yang mendorong terciptanya iklim belajar yang positif dan kondusif.

Sebelumnya
Selanjutnya
6545969902873

Komentar

0 komentar

Harap masuk untuk memberikan komentar.